Jumat, 07 Oktober 2016

A. HYDRAULIC POWER bagian 1

              Dalam dunia penerbangan sistem hidrolik sudah dikenal sejak lama. Pesawat-pesawat terbang zaman dahulu hanya memiliki hidrolik brake system ( system rem ), sekarang system hidrolik sudah berkembang menjadi sangat komplek dengan penggunaan hidrolik power / tenaga hidrolik pada berbagai macam system. Hidrolik sistempada pesawat-pesawat modern melaksanakan berbagai macam fungsi antara lain untuk menggerakkan / mengontrol :

  • Landing gear system

 


  • Sistem Rem / Brake system




  • Wing Flaps



  • Ram door system



  • Rem udara / Speed brake



  • Flight Control Surfac



  • Mengontrol pergerakan propeller / propeller pitch control



  • Dan lain-lain.


Keuntungan dan kerugian penggunaan hydraulic system :

  • Keuntungan :


  1. Dapat mengoperasikan berbagai macam system dalam pesawat terbang.
  2. Beratnya relatif ringan
  3. Instalasinya relative mudah
  4. Pemeliharaan / pemeriksaan mudah


  • Kerugian : "Dapat dikatakan tidak ada walaupun terjadi sedikit tenaga / power yang hilang,                           jika terjadi panas akibat gesekan cairan hydraulic, namun dengan instalasi dan                             bahan-bahan yang baik hal ini dapat diabaikan."


               Hidrolik system memiliki banyak keuntungan sebagai sumber tenaga untuk mengoperasikan berbagai peralatan pada pesawat udara.


  • Keuntungan Hidrolik:


  1. ringan, 
  2. kemudahan instalasi, p
  3. engecekan/inspeksi mudah, 
  4. dan kebutuhan pemeliharaan minimal. 


         Operasi hidrolik juga hampir 100% efisien, dengan kerugian akibat gesekan fluida dapat diabaikan.


  •          Jenis cairan hidrolik Cairan hydraulic pada system hydraulic fungsi utamanya adalah 

                   "Untuk menyalurkan dan mendistribusikan tenaga ke berbagai macam unit yang akan                            digerakkan cairan hidraulik juga berfungsi sebagai media pelumasan, sehingga                                  mengurangi gesekan yang terjadi pada bagian-bagian komponen yang bergerak."


Cairan dapat melaksanakan ini karena sifatnya yang hampir sama sekali tidak berubah/mengecil (incompressible). Untuk menjamin agar system hydraulic dapat bekerja dengan baik operasi sistem yang tepat dan untuk menghindari kerusakan pada komponen non-logam dari sistem hidrolik, cairan yang benar harus digunakan. Ketika menambahkan cairan ke sistem, gunakan jenis yang ditentukan dalam petunjuk perawatan pabrik pembuat pesawat atau pada pelat instruksi ditempelkan di tabung reservoir atau unit yang dilayani.

Ada tiga jenis cairan hidrolik yang digunakan dalam pesawat udara sipil, yaitu :


  • Fluida (cairan) hidrolik dari tumbuh-tumbuhan/ Vegetable base (MIL-H-7644)


  1. Kode : MIL-H-7644
  2. Komposisi : Caster oil dan alcohol
  3. Ciri : Berbau alcohol dam Mudah terbakar
  4. Warna : Biru
  5. Seal : Bahan sealing terbuat dari bahan karet alam / Natural Rubber, mempunyai sifat tidak tahan terhadap minyak hydraulic selain vegetable base ini, jadi jika terkontaminasi dengan minyak hydraulic lain, sealing akan mengalami kerusakan. 



  • Fluida (cairan)hidrolik daribahan mineral / Mineral Base Hydraulic Fluid (MIL-H-5606) 


  1. Kode : MIL – H – 5606 
  2. Komposisi : Diproses dari hasil minyak bumi 
  3. Ciri : - Berbau seperti bau oli - Mudah terbakar 
  4. Warna : Merah 
  5. Seal : Bahan seaqling terbuat dari bahan karet syntetis / Syntetic Rubber / Buna – N, jika terkontaminasi dengan minyak hydraulic lain, sealing akan mengalami kerusakan. 



  1. Fluida (cairan)hidrolik daribahan Syntetic / FOSFAT ESTER BASE FLUID(SKYDROL 500 B / SKYDROL- LD) 
  2. Kode : Skydrol 500 b / Skydrol- LD 
  3. Komposisi : Non Petroleum 
  4. Ciri : - Tahan panas dan tahan api s/d 6000 F                                                                                - Skydrol 500 B memiliki karakteristik, baik digunakan pada temperature rendah dan memiliki    efek samping yang kecil terhadap koros                                                                                        - Skydrol – LD , low weight fluid, digunakan pada pesawat jet transport dimana berat menjadi    factor utama.
  5. Warna : Ungu cerah ( Clear Purple ) Seal : dibuat dari bahan Butyl Rubber atau Ethylene – Propylene Elastomer

.
Nantikan kelanjutannya segera...

thank you

bayu giri parameswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar